Pages

Jumat, 20 Maret 2015

Penelitian Tindakan Kelas



ABSTRAK

Mustika, Bayu Adiwena. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Materi Jagat Raya Di Kelas X IPS 2 SMA Negeri 9 Malang. Penelitian Tindakan Kelas. Pendidikan Profesi Guru Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif STAD dan minat belajar

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal pada tanggal 1 Juli 2013 diketahui bahwa hasil dan minat belajar siswa di SMA Negeri 9 Malang pada mata pelajaran geografi setiap tahun masih rendah.
Hal ini ditunjukkan nilai ketuntasan minimal 75 sedangkan presentase ketuntasan 58% pada tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dikarenakan siswa masih ditemukan yang tidak membawa buku pada saat pembelajaran, ramai sendiri ketika guru menerangkan, tidak seluruh siswa dapat bekerja secara optimal ketika mengerjakan tugas dan diskusi, serta masih ditemukan siswa tidak mengumpulkan tugas. Selain itu siswa yang di ajar merupakan siswa yang baru masuk ke SMA.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). STAD  merupakan model  pembelajaran kooperatif yang menekankan pada adanya aktifitas dan interaksi diantara siswa untuk saling membantu dalam menguasai materi pelajaran misalnya siswa aktif bertanya dan menyampaikan materi yang belum diketahui oleh anggota kelompok. Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan model STAD
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti terlibat langsung dalam seluruh proses penelitian mulai perencanaan, pelaksanaan hingga laporan. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di Kelas X IPS 2 SMA Negeri 9 Malang dengan jumlah 24 siswa pada pokok materi Jagat Raya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10,2%. Hal ini dapat dilihat dari nilai minat belajar siswa siklus I sebesar 75,51 dan siklus II 78,80. Peningkatan minat belajar siswa diikuti peningkatan hasil belajar dari sebelum dilakukan tindakan dan setelah tindakan sebesar 31,7%. Peningkatan minat yang diikuti oleh peningkatan hasil belajar ditunjang oleh kerja sama kelompok yang optimal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar